Yuk Kenalan Sama Sosok Maskot Piala Dunia 2018

Yuk Kenalan Sama Sosok Maskot Piala Dunia 2018
Yuk Kenalan Sama Sosok Maskot Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 Rusia – Jelang Piala Dunia 2018 yang bakalan digelar di Rusia, rasanya sering sekali kita melihat sosok seekor serigala yang muncul pada kampanye promosi ajang sepakbola terbesar di dunia itu. Lalu, mau kenal lebih dalam siapa sosok maskot tersebut? Ya, sosok serigala tersebut bernama Zabivaka.

Proses Lahirnya Zabivaka, Maskot Berwujud Serigala di Piala Dunia 2018

Nama Zabivaka sendiri terlahir dari kosakata bahasa Rusia yang memiliki makna ‘sang pencetak angka (gol)’.  Namun begitu, lahirnya maskot nyentrik tersebut tidaklah secepat membalikkan telapak tangan. Sebelumnya, FIFA memang menggelar kontes untuk mendesai sebuah maskot yang akan digunakan pada Piala Dunia 2018 nanti. Bentuknya pun beraneka ragam. Seperti sosok harimau dan juga kucing. Harimau, kucing dan serigala memang menjadi sosok yang mendapat respons paling besar yang dijaring FIFA 2 tahun silam (2016) melalui online voting di laman resmi mereka. Yakni, harimau berhasil menjarig sebanyak 27% suara, kucing 20% dan yang paling besar tentu saja adalah serigala nyentrik berkacamata Zabivaka sebanyak 53%.

Dengan memenangkan ajang jajak pendapat online tersebut, Zabivaka yang didesain oleh Ekaterina Bocharova, seorang siswa dari salah satu sekolah desain pun resmi dipinang FIFA menjadi maskot dari Piala Dunia 2018.

Sosok Zabivaka pun juga mendapat komentar positif dari seorang legenda Piala Dunia asal Brazil, Ronaldo.

“Zabivaka berhasil memberikan image keceriaan dan jiwa sportifitas di Piala Dunia”, puji striker timnas Brazil yang sudah pensiun itu.

Ditambahkan juga oleh pihak FIFA kalau Piala Dunia memang menuntut duta representatif berupa maskot yang mampu menampilkan pesona tersendiri, rasa percaya diri yang tinggi dan juga energik.

“Kami melihat semua kriteria yang kami inginkan untuk maskot Piala Dunia 2018 Rusia pada Zabivaka. Publik pencinta bola pun juga memberikan suara yang sama. Maka dari itu, memang Zabivaka lah sosok yang paling tepat untuk diadikan maskot”, ujar Gianni Infantino sang Presiden FIFA saat ini.

Disisi lain, banyak juga sih publik yang merasa penasaran dan menanyakan kenapa Zabivaka berkacamata. Berdasarkan penjelasan dari Bocharova, sang desainer, ternyata kacamata tersebut merupakan wujud kacamata berteknologi canggih yang mampu mengukur akurasi dan situasi di lapangan. Tentu saja, akurasi menjadi aspek yang harus bisa dimunculkan oleh para pemain timnas yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 nanti. Betul, bukan?

Animasi Pendek dari Sosok Zabivaka