Hidup Sehat Dengan Bersepeda

Olahraga Sepeda yang Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Jantung
Olahraga Sepeda yang Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Jantung

Mungkin sebagian dari kita agak kurang percaya diri jika lemak memenuhi tubuh kita, lemak ini bisa muncul dari beberapa faktor yang pertama akibat makan terlalu berlebihan, kurang berolahraga dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga menimbulkan obesitas. Terlalu banyak timbunan lemak pada tubuh maka akan banyak pula penyakit yang datang mulai dari penyakit jantung, kanker dan lain sebagainya. Lemak berlebih yang ada pada tubuh bisa dihilangkan dengan cara berolahraga. Olahraga yang dipilih pun beraneka ragam mulai dari jogging, aerobik hingga bersepeda. Namun untuk jogging dan aerobik mungkin hanya bisa dilakukan pada saat-saat tertentu saja seperti hari Minggu. Sedangkan untuk sepeda, kita bisa lakukan latihan setiap hari baik saat pergi sekolah, kerja atau di saat Car free Day.

Menghilangkan lemak dengan bersepeda adalah salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus sehat dimana disaat bersepeda, otot-otot paha depan, betis belakang dan paha belakang akan semakin kencang. Selain itu olahraga sepeda juga salah satu olah raga ringan yang juga menjaga kesehatan jantung. Dengan berlatih setidaknya 15 sampai 30 menit setiap hari, anda akan memperoleh tubuh yang sehat dan bugar karena metabolisme tubuh berjalan lancar berkat tubuh yang aktif bergerak.

Selain dapat mengurangi lemak, menjaga kesehatan jantung dan menjaga metabolisme tubuh. Beberapa manfaat dari bersepeda adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dari beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan bersepeda dapat menangkal berbagai penyakit seperti batuk dan pilek. Bersepeda juga salah satu cara terbaik untuk meningkatkan stamina, kayuhan sepeda yang anda lakukan justru berpengaruh cukup banyak ketimbang melakukan gerakan aerobik.

Bersepeda secara teratur juga dapat membuat aliran darah semakin meningkat sehingga akan banyak oksigen yang masuk ke aliran darah melalui jaringan kulit dan otot. Hal ini dapat membantu dalam mengeluarkan racun berbahaya dan membuat anda  terlihat lebih muda. Memang bersepeda bagi beberapa kalangan dapat membuat nafas menjadi terengah-rengah, karena hal itu disebabkan terkurasnya aliran oksigen karena energi yang digunakan cukup besar. Namun hal tersebut bisa anda atasi dengan dengan mengatur tempo kecepatan bersepeda anda yakni antara 15 hingga 20 km/jam.

Untuk mengatur kecepatan saat latihan yang bisa anda ikuti adalah dengan melakukan 10 hingga 15 menit pemasanan dengan kecepatan rendah antara 7 hingga 10 km/jam. Hal ini dilakukan agar otot-otot kaki, betis, paha dan jantung dapat dirangsang untuk bekerja optimal. Kemudian tempo kayuhan bisa anda percepat selama 25 hingga 30 menit dengan kecepatan antara 15 km/jam hingga 20 km/jam setelah itu coolong down kembali selama 15 menit dengan kecepatan rendah. Terus lakukan hal ini secara berulang-ulang sehingga asupan oksigen yang masuk kedalam tubuh dapat bekerja sempurna.

Itulah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan, tentunya masih ada banyak manfaat sepeda selain dilihat dari sisi kesehatan yang mana sepeda bisa dijadikan sebagai salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan dan tentunya anda bisa berhemat karena tidak mengeluarkan banyak uang untuk biaya transportasi.